Seperti yang kita ketahui aturan pengiriman barang ke luar negeri itu cukup ketat. Jika melanggar maka paket Anda bisa ditahan oleh pihak bea cukai atau bahkan dimusnahkan. 

Barang yang Bisa dan Tidak Bisa Dikirimkan ke Luar Negeri

Untuk menghindari hal ini, sepertinya kami perlu menjelaskan apa saja barang yang boleh dan tidak boleh untuk dikirimkan ke luar negeri.

Informasi ini diharapkan bisa menjadi referensi yang memudahkan Anda untuk memahami regulasi pengiriman internasional. Langsung saja tidak perlu menunggu lama berikut penjelasannya.

Barang yang Bisa Dikirimkan ke Luar Negeri dengan Persyaratan atau Tanpa Ketentuan Khusus

Pertama, adalah memahami barang atau produk apa saja yang sekiranya bisa dikirimkan ke luar negeri. Kategori ini dibagi menjadi dua antara barang yang butuh persyaratan dan tanpa syarat khusus.

Produk yang Bisa Dikirimkan dengan Persyaratan

  • Herbal, produk herbal yang diproduksi dari tumbuhan atau bahan dari alam. Dikemas dan wajib bersertifikasi BPOM RI agar bisa dikirimkan ke luar negeri
  • Olahan makanan, produk berlabel dan memenuhi standar konsumsi BPOM guna memastikan makanan tersebut aman dan tidak berbahaya
  • Obat-obatan, jenis obat terdaftar yang dikirimkan dengan resep dokter dengan jumlah tertentu dan ketentuan lainnya
  • Kopi, dengan ketentuan berlabel dan dikemas dengan baik serta memenuhi standar konsumsi. Dikirimkan dengan jumlah berat maksimal tertentu menyesuaikan ketentuan ekspedisi

Barang yang Dikirimkan Tanpa Persyaratan Khusus

·        Baju dan pakaian
·        Elektronik tanpa baterai
·        Spareparts motor atau mobil
·        Miniatur
·        Souvenir dan aksesoris
·        Dokumen
·        Peralatan dapur
·        Produk kerajinan tangan
·        Dan masih banyak lagi

Kami sangat menyarankan kepada pengirim untuk melakukan konsultasi dulu dengan admin ekspedisi internasional sebelum mengirimkan barang atau produk tertentu. Ini akan mempermudah proses pengecekan daripada harus mencari satu persatu seperti di atas.

Baca juga: Ini Arti Simbol dalam Paket Pengiriman Domestik dan Luar Negeri

Barang yang Tidak Bisa Dikirimkan ke Luar Negeri

Larangan barang dalam pengiriman ke luar negeri di bagi menjadi dua, pertama larangan dari ketentuan internasional dan lokal menyesuaikan dengan kebijakan dan undang-undang negara tujuan.

Ini adalah hal yang mungkin cukup sulit bagi beberapa orang, sebagai pengirim kita mungkin tidak tahu apakah barang yang sudah disiapkan melanggar ketentuan negara penerima atau tidak.

Untuk mempermudahnya berikut ini beberapa barang yang sudah pasti dilarang dalam alasan apapun, untuk ekspedisi ke luar negeri yang sifatnya umum:

·        Bahan peledak
·        Material yang mudah terbakar
·        Zat yang mengandung korosi
·        Material beracun
·        Obat-obatan tidak terdaftar seperti narkotika
·        Senjata api
·        Pestisida
·        Dan sebagainya

Selain itu, ada juga beberapa barang atau produk yang secara spesifik dilarang oleh beberapa negara karena ketentuan undang-undangnya.

·  Singapura melarang pengiriman vape, permen karet, rokok
·  Amerika, sebagian wilayahnya melarang vape, beberapa jenis daging, beberapa jenis alat makan yang terbuat dari keramik
·  Australia, melarang pengiriman susu dan olahannya, daging hewani, buah dan sayuran, tanaman, dan produk KW atau palsu
 
Baca juga: Solusi Kirim Barang ke Australia Terbukti Murahnya Cepat Sampainya

Penting bagi pengirim barang ke luar negeri untuk terus memperbanyak literasi mencari info-info barang apa saja yang boleh dan tidak boleh dikirim ke mancanegara.

Jangan sampai produk Anda melanggar ketentuan negara penerima dan akhirnya paket tertahan bahkan dihancurkan.

Alasan Mengapa Beberapa Barang Dilarang di Luar Negeri

Ada beberapa alasan yang membuat beberapa jenis produk atau barang dilarang kirim ke luar negeri. Beberapa di antaranya karena alasan berikut:

·  Mengancam kesehatan, produk seperti olahan daging dan sejenisnya jika tidak diolah dengan baik bisa berisiko terhadap kesehatan. Misalnya seperti risiko cacing pita, bakteri, atau sebagainya. Negara-negara maju sangat ketat dengan regulasi ini tidak mengherankan jika beberapa negara melarang pengiriman produk ini
·  Berbahaya, barang yang sifatnya sensitif seperti senapan api dan bahan mudah meledak dan terbakar sangat berbahaya. Sebagian besar negara di luar negeri melarang pengiriman barang ini.
·  Tidak sesuai dengan norma,  di beberapa negara larangan pengiriman barang bisa juga didasari karena norma dan agama. Misalnya di Arab Saudi dan negara timur tengah Anda tidak bisa mengirimkan barang yang sifatnya menentang ajaran syariat seperti patung, berhala, peralatan berjudi, dan sebagainya
·        Tidak sesuai dengan undang-undang, setiap negara punya peraturan yang berbeda. Negara seperti Singapura melarang rokok, vape, bahkan hal lumrah seperti permen karet. Ini sudah mengikat dalam undang-undang mereka, sehingga pengirim harus memenuhi kebutuhannya.

Demikian penjelasan mengenai barang yang bisa dan tidak bisa dikirimkan ke luar negeri. Semoga informasi ini cukup membantu, apabila Anda butuh solusi jasa kirim barang ke luar negeri silahkan hubungi Rifex.co.id melalui kontak yang tersedia.