Saat melakukan pengiriman barang atau paket kalian mungkin pernah melihat beberapa tanda atau simbol tertentu di bagian kardus. Mulai dari gambar payung, gelas retak, dan sebagainya.

Simbol ini bukanlah tempelan semata, melainkan punya fungsi dan arti tersendiri. Bagi tim ekspedisi baik itu domestik atau internasional, memahami simbol paket adalah hal yang sangat penting.

Simbol dalam Paket Pengiriman Domestik dan Luar Negeri

Karena, dengan melihat dan membaca simbol tersebut kita bisa tahu bagaimana cara terbaik untuk menghandle paket tersebut agar tidak rusak atau bermasalah.

Pada kesempatan kali ini kami akan sedikit menjelaskan beberapa simbol populer yang seringkali dijumpai dalam pengiriman paket. Silahkan simak penjelasan berikut jika kalian penasaran.

7 Simbol Paket dalam Pengiriman Barang yang Menarik untuk Dipelajari

Sebelum membahas lebih jauh, perlu kalian ketahui bentuk simbol ini mungkin ada sedikit perbedaan antara paket domestik dan luar negeri. Biasanya perbedaan terlihat di penggunaan bahasa.

Untuk barang yang dikirim ke luar negeri sebagian besar berbahasa inggris. Sementara itu, untuk label paket yang dikirim ke wilayah Indonesia umumnya menggunakan bahasa Indonesia untuk mempermudah tim ekspedisi.

1.  Gelas Retak

Simbol gelas retak menunjukkan bahwa paket tersebut bersifat fragile atau mudah pecah, mudah rusak apabila dibanting, dilempar, ditumpuk, dan sebagainya. Tidak selalunya menggunakan simbol gelas retak, terkadang paket fragile hanya ditempel label “Fragile” saja dengan warna merah agar mencolok dan langsung diketahui tim ekspedisi. Khusus untuk paket domestik biasanya ada tulisan tambahan berupa “Jangan dibanting/dilempar”, tepat di bagian bawah simbol gelas retak.

2. Payung

Selain itu, ada juga simbol paket yang sedikit ambigu yaitu gambar payung saja. Label payung di sini berarti bahwa paket tersebut haruslah disimpan di tempat yang kering, sejuk, tidak basah. Uniknya simbol ini terkadang tidak dilengkapi dengan tulisan, sehingga jika kalian tidak membaca informasi ini mungkin akan sulit untuk menebak apa maksud dari tanda tersebut di bagian luar paket.

Baca juga: Mau Kirim Paket ke Jepang? Cek Dulu Ekspedisi yang Satu Ini

3. Api

Bisa jadi dari sekian banyaknya simbol yang ada di paket, ini yang paling mudah untuk ditebak. Ya, simbol api berwarna merah pada barang kiriman menunjukkan bahwa paket tersebut berisi barang yang sifatnya mudah terbakar. Dalam bahasa inggris kategori barang seperti ini disebut sebagai “Flammable”, harus di handle dengan baik agar tidak terjadi hal yang buruk. Segala macam risiko seperti menimbulkan percikan, suhu panas yang tinggi, bisa memicu masalah sehingga tim ekspedisi harus ekstra waspada.

4. Tumpukkan Maksimal

Beralih ke hal yang lebih spesifik lagi, terkadang ada juga paket yang di bagian luarnya tertempel label garis bertumpuk lalu ada angka di bagian atasnya. Ini adalah simbol untuk membantu tim ekspedisi mengetahui berapa banyak tumpukkan maksimal atau (maximum stack) yang bisa dibebankan pada barang tersebut.

Sebagai contoh di bagian tumpukkan garis tersebut menunjukkan angka 5, maka kardus tersebut bisa ditumpuk sebanyak 5 kali dan tidak boleh lebih dari itu. Susah juga ya? Kalau dipaksa bisa-bisa isi barangnya bisa rusak, jadi harus ekstra teliti.

5. Jangan digancu

Dalam kondisi tertentu seringkali paket diangkat dengan cepat menggunakan gancu atau dalam bahasa inggris kita menyebutnya “Hooks.”

Jika ada label yang menunjukkan simbol seperti ini, berarti tim ekspedisi maupun penerima paket tidak boleh menggunakan hooks untuk mengangkat barangnya, karena berpotensi merusak isi barangnya. Jika dilakukan, maka kemasan bisa berlubang dan membuat isi barang bisa saja rusak atau bermasalah.

Baca juga: Ini 5 Kesalahan Memilih Jasa Kirim Barang ke Luar Negeri dan Solusinya

6. Tengkorak

Semestinya sangat sedikit barang umum yang dikirimkan dengan label ini, tapi tidak ada salahnya jika kita tahu arti di balik simbol menyeramkan seperti ini. Simbol tengkorak pada paket atau barang menunjukkan bahwa produk tersebut mengandung racun dan berbahaya, risiko terburuknya bisa menyebabkan kematian. Beberapa paket yang diberi label seperti ini biasanya pestisida, racun tikus, dan sebagainya.

7. Matahari dan Garis Pembatas

Selanjutnya, ada simbol yang lebih unik yaitu matahari di bagian atas lalu ada garis yang membatasinya agar tidak mengenai paket. 

Simbol ini artinya barang atau isi paket rawan terhadap paparan sinar matahari langsung, sehingga harus dijaga dengan baik agar tetap di tempat yang teduh. Untuk paket internasional, biasanya ada tambahan "Keep Away from direct sunlight", secara spesifik langsung menjelaskan apa yang harus dilakukan dengan paket tersebut.

Itu dia penjelasan mengenai beberapa simbol paket dalam pengiriman domestik dan luar negeri. Sebagai informasi tambahan, tim ekspedisi internasional Rifex.co.id selalu pastikan tim menghandle paket dengan baik sesuai dengan label yang ada.

Ini sudah menjadi keahlian tim ekspedisi untuk menjaga paket dengan baik sampai ke tangan penerima. Apabila Anda butuh jasa pengiriman ke luar negeri, jangan ragu untuk menghubungi kami.