Ingin mengirimkan barang ke luar negeri dalam waktu dekat? Jika iya, kami akan berikan nasihat.

Ada baiknya untuk tidak terburu-buru dalam memilih jasa ekspedisi internasional, sebagai pengguna layanan Anda wajib teliti agar tidak menjadi korban penipuan atau merasa rugi karena kualitas layanan yang kurang memuaskan.

Kami bantu rangkum poin-poin penting dalam mengirimkan barang ke luar negeri, supaya hal buruk tidak sampai terjadi. Silahkan perhatikan tips simpel berikut ini ya.

Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Memilih Jasa Pengiriman ke Luar Negeri

Ada beberapa bagian penting yang perlu kalian perhatikan saat mencari jasa pengiriman ke luar negeri, berikut ini beberapa di antaranya:

1. Ekspedisi Tanpa Kantor yang Jelas

Pertama, sebagai perusahaan jasa ekspor, maka mereka wajib mempunyai domisili dan kantor utama dengan lokasi yang mudah untuk dicek kebenarannya. Zaman sekarang banyak penipuan yang menggunakan lokasi palsu, sehingga kami harap kalian lebih waspada lagi.

Bagaimana cara cek ekspedisi punya kantor yang jelas atau tidak? Mudah, gunakan internet lalu kunjungi website dari jasa pengiriman barang ke luar negeri. Di sana semestinya ada alamat kantor, Anda bisa mencarinya di Google Maps.

Jika ekspedisi tersebut mempunyai alamat dan domisili yang jelas biasanya akan terbaca di Google Maps. Anda bisa memastikan ulang dengan menghubungi kontak yang ada di informasi alamat tersebut.

2. Ongkir yang Terlampau Mahal

Selanjutnya, persoalan ongkos kirim. Ya, di sini Anda ingin mengirimkan paket ke luar negara pastinya ada ongkir yang perlu dibayarkan. Nah, biasanya tiap-tiap perusahaan punya ketentuan ongkos kirim yang berbeda-beda.

Tentu ada yang mahal dan murah, lagi-lagi customer perlu lebih teliti saat memilihnya agar tidak mengalami kerugian. Khususnya jika paket tersebut berisi produk dagangan yang diekspor ke negara tertentu.

Mempertimbangkan untung dan rugi menjadi bagian yang penting untuk dilakukan agar bisnis tetap berjalan lancar. Tidak ada metode otomatis untuk mencari ongkir ke luar negeri yang murah dan terjangkau.

Anda perlu cek di penyedia jasa pengiriman ke luar negeri yang ada di internet atau meminta rekomendasi teman dan kerabat Anda sebagai alternatifnya.

3. Minim Informasi

Mungkin sebelumnya kami sudah menjelaskan hal ini, setiap negara itu punya aturan yang berbeda untuk kebijakan ekspor dan impor. Dengan asumsi barang Anda dikirim dari Indonesia ke negara tertentu maka ini artinya ekspor, kebijakannya juga menyesuaikan dengan negara tujuan.

Sudah menjadi kewajiban penyedia jasa kirim untuk memberikan informasi yang lebih lengkap kepada pelanggan. Dengan begitu tidak terjadi kesalahpahaman yang merugikan kedua belah pihak.

Untuk mengetahui apakah jasa ekspedisi yang kalian pilih cukup bisa diandalkan, lakukanlah konsultasi dengan mereka lalu tanyakan lebih lanjut mengenai kebijakan barang yang akan dikirimkan.

Sebagai contoh, Anda mau kirim kopi ke luar negeri tanyakan maksimal berat kopi yang bisa dikirimkan dalam sekali pengiriman, persyaratan, dan hal penting lainnya.

Baca juga: Siap Kirim Barang ke Italia Kapan Saja dengan Ekspedisi Ini

4. Tidak Ada Asuransi Tambahan

Jika produk yang Anda kirimkan mempunyai nilai jual yang tinggi, maka pastikan untuk menambahkan asuransi untuk berjaga-jaga. Terkadang ekspedisi yang asal-asalan tidak menyediakan hal ini, tentunya ini sangat berisiko.

Jadi, jika barang rusak atau mungkin hilang selama pengiriman Anda akan sangat rugi. Ekspedisi ekspor yang berkualitas menyediakan asuransi dan ganti rugi jika terjadi sesuatu dengan paket yang dikirimkan, tentunya dengan syarat dan ketentuan yang jelas dan tidak ditutup-tutupi.

5. S&K Tidak Transparan

Terakhir, mereka tidak mempunyai syarat dan ketentuan yang transparan. Jadi, pihak jasa kirim bisa saja membuat ketentuan sepihak tidak menjelaskannya kepada customer, menimbulkan ketidaknyamanan dan pengalaman yang buruk dalam penggunaan jasa.

Ekspedisi yang baik bisa menjelaskan syarat dan ketentuan dalam pengiriman barang. Mereka juga membantu customer untuk mengetahui poin-poin S&K tersebut,sehingga tidak muncul kecurigaan dan kesalahpahaman yang tidak diinginkan.

Cari Jasa Pengiriman Barang ke Luar Negeri? Lebih Baik Rifex Saja

Khawatir salah memilih ekspedisi? Tenang, masih banyak kok jasa pengiriman ke luar negeri yang amanah dan bisa dipercaya. Salah satunya adalah RIFEX.

Perusahaan kami mempunyai lokasi kantor di Jl. Palapa Raya No.16, RT.2/RW.1, Kedoya Sel., Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat.

 


Anda boleh datang langsung ke kantor jika lokasinya memang dekat, alamat kami juga sudah ada di Google Maps bisa langsung dicek untuk memastikan.

Bagaimana dengan penawaran ongkirnya? Tentunya murah dan terjangkau, silahkan lihat langsung di halaman cek ongkir ke luar negeri di sana ada daftar biaya ongkir lengkap ke berbagai negara di dunia.

Selain itu, jika kalian butuh informasi bisa baca-baca informasi yang kami update secara berkala per bulannya di situs resmi RIFEX. Jika butuh penjelasan lebih lanjut bisa menghubungi admin, mari berkonsultasi mengenai rencana pengiriman barang ke luar negeri.

Perlu asuransi tambahan? Kami menyediakannya, Anda bisa tambahkan asuransi untuk pengiriman barang-barang mahal. Terakhir, S&K pengiriman di Rifex transparan kami jelaskan di situs website.

Jadi, tunggu apalagi? Segera hubungi Rifex untuk mempermudah pengiriman barang ke luar negeri.