Kami sebenarnya cukup penasaran, kenapa Anda ingin mengetahui apakah bisa atau tidak kirim rokok ke luar negeri?

Tapi sepertinya itu masalah privasi jadi kami memakluminya. Namun, perlu dicatat bahwa pengiriman rokok ke luar negeri itu tidak mudah karena aturannya cukup ketat.

Selain itu, tidak semua negara bisa menerima produk berupa paket rokok seperti ini kadang ada yang langsung menolaknya (reject).

Waduh, lantas bagaimana cara aman kirim rokok ke luar negeri? Negara mana saja yang menerima dan menolak jenis barang semacam ini?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut silahkan simak penjelasan di bawah.

Kirim Rokok ke Luar Negeri Ternyata Bisa, Tapi...

Jawaban pertama untuk pertanyaan Anda apakah bisa kirim rokok ke luar negeri? Tentu saja bisa. Namun dari pihak pengirim dan penerima perlu memahami aturan yang berlaku di masing-masing negara baik itu prosedur pengiriman.

Setiap negara aturannya beda-beda ada yang ketat ada juga yang standar. Menurut pengalaman kami sebagai jasa kirim ke luar negeri, negara yang cukup mudah untuk menjadi target ekspor/kirim rokok yaitu Malaysia, Taiwan, Jepang, dan Korea.

Adapun negara yang aturannya rumit minta ampun adalah Kanada, Amerika Serikat, dan beberapa wilayah di Eropa.

Aturan di Indonesia untuk Pengiriman Rokok dan Produk Tembakau ke Luar Negeri

Pertama, pengirim terlebih dahulu perlu ajukan permohonan penetapan tarif cukai. Proses ini dilakukan secara langsung lewat Kepala Kantor Bea dan Cukai terdekat. Ketentuan ini tercantum di dalam Peraturan Dirjen Bea Cukai No.40/BC 2016.

Selain itu, diperlukan juga pemberitahuan Mutasi Barang Kena Cukai (PMBKC) dengan dokumen yang sesuai. Setelahnya, pemohon perlu mengajukan Pemberitahuan Ekspor Barang sampai penerbitan Nota Pelayanan Ekspor (NPE).

Apakah tidak ada pembebasan cukai untuk pengiriman rokok dan produk tembakau?

Sepertinya ada, Anda bisa cek pada Peraturan Menteri Keuangan No.199/PMK 010/2019. Di sana tercantum bahwa pembebasan untuk setiap penerima dan per pengiriman batang sigaret (40) batang cerutu (5), dan tembakau iris (40 gram).

Jumlah pengiriman rokok tampaknya sangat terbatas, di beberapa negara tujuan biasanya malah lebih sedikit lagi umumnya maksimal ada yang 2 slop dan 10 slop.

Catatan: Kebijakan ini bisa saja berubah di masa mendatang. Pastikan untuk berkonsultasi dengan jasa ekspedisi atau kantor Bea Cukai untuk informasi lebih lengkap.

Biaya Kirim Rokok ke Luar Negeri ke Berbagai Negara di Dunia

Berbeda dengan jenis barang lainnya, produk rokok biaya pengirimannya kami akui memang lebih mahal daripada paket-paket umum seperti baju, souvenir, dan lain sebagainya. Ini sudah ketentuan dari vendor dan kebijakan masing-masing negara jadi tidak ada yang bisa dilakukan.

Jika Anda menggunakan ekspedisi jasa pengiriman rokok ke luar negeri melalui Rifex.co.id biaya kirimnya masih terbilang cukup terjangkau. Berikut ini informasinya:

·        Malaysia 1.650.000/paket extra handling. Max 10 slop

·        Korea 850.000/paket extra handling. Max 2 slop

·        Taiwan 850.000/paket extra handling. Max 2 slop

·        Jepang 850.000/paket extra handling. Max 2 slop

Estimasi paket sampai ke negara tujuan dalam waktu 2-5 hari kerja. Ekspedisi Rifex menggunakan kargo udara untuk melakukan pengirimannya jadi pasti lebih cepat daripada jalur laut.

Baca juga: Nikmati Kemudahan Kirim Barang ke Korea Selatan Hari Ini

Tidak hanya itu, pengiriman juga dilakukan oleh tim yang profesional memastikan paket aman sampai ke negara tujuan.

Tips dari Kami untuk Mengirimkan Rokok ke Luar Negeri

Bagi Anda yang memang berniat untuk mengirimkan rokok ke luar negeri, kami punya beberapa tips yang mungkin bisa sedikit membantu memastikan paket aman sampai ke negara tujuan.

1. Jangan Bosan Memahami Regulasi dan Pedoman

Ya, tidak pernah bosan kami sampaikan ke pengirim Anda perlu mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya sebelum mengirimkan suatu produk tertentu ke luar negeri. Apalagi yang sifatnya terbatas seperti rokok, karena tidak semua negara menerima jenis produk seperti ini.

2.     Pastikan Rokok Legal dan Berizin

Perhatikan juga merek dan brand rokoknya apakah sudah berizin atau belum. Jenis rokok yang sudah terdaftar cenderung lebih mudah dikirimkan daripada yang polosan tanpa label atau informasi yang jelas. Di Indonesia, rokok yang terdaftar biasanya diproduksi oleh PT atau CV tertentu.

3.     Pengemasan yang Aman

Kemas paket rokok Anda dengan aman menggunakan kardus atau box. Tambahkan bubble wrap atau styrofoam untuk memastikan rokok tidak rusak selama pengiriman.

Demikian penjelasan mengenai kirim rokok ke luar negeri, semoga bisa bermanfaat. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan tim Rifex.co.id jika Anda punya pertanyaan lebih lanjut mengenai prosedur, biaya kirim, atau keperluan lainnya mengenai layanan ini.