Banyak yang meminta kami untuk menjelaskan tips kirim barang ke luar negeri untuk pemula.

Seiring berjalannya waktu semakin banyak saja yang berminat untuk mengirimkan barang ke berbagai negara, apakah kalian adalah salah satunya?

tips aman kirim barang ke luar negeri

Jika iya, maka panduan ini sepertinya sangat relevan untuk dibaca sampai habis. Kami akan jelaskan sebenarnya apa saja tips agar paket kita tetap aman saat melakukan pengiriman ke luar negeri, terlebih lagi untuk wilayah yang jauh seperti kirim barang ke Inggris, Jerman, dan negara Eropa lainnya.

5 Tips Aman Kirim Barang ke Luar Negeri untuk Pemula

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa kita bahas saat bicara soal tips kirim barang ke luar negeri.

Namun, kami sudah rangkum lima bagian terpenting yang wajib Anda perhatikan untuk memastikan paket atau barang bisa terkirim dengan aman lewat ekspedisi internasional.

1.     Cek Kejelasan Penerima Paketnya

Penerima alias consignee harus jelas dulu, terutama lokasi alamatnya. Jika itu adalah teman, saudara, atau mungkin keluarga Anda pastikan untuk meminta alamat lengkap termasuk kode pos.

Jika alamat salah bisa membuat paket terlambat dikirim atau risiko lebih merepotkannya adalah tidak kunjung sampai di tujuan.

Selain itu, ada beberapa bagian lainnya yang menyangkut penerima paket seperti:

  • Memastikan nomor telepon penerima aktif dan bisa dihubungi
  • Alamat tetap sama dan tidak ada pemindahan
  • Nama lengkap dan nama panggilan mungkin juga diperlukan

Kasus yang biasanya terjadi adalah salah tulis alamat. Oleh karena itu, kami berulang kali menyampaikan ke pelanggan jika tidak yakin dengan penulisannya silahkan di print saja pakai kertas untuk mengurangi risiko salah tulis.

2.     Packing Harus Aman Sesuai Standar

Selanjutnya, pastikan bahwa pengemasan barang, paket, atau dokumen benar-benar rapi dan aman. Gunakanlah bahan packing yang bagus, misal perlu bubble wrap beli yang baru jangan menggunakan bubble wrap bekas pakai.

Selain itu, bisa juga memakai lapisan lakban tebal dan bungkus kardus sesuai dengan ukuran produk. Ada banyak tutorial cara kemas barang di youtube Anda bisa mengikuti panduan tersebut.

Alternatifnya hubungi ekspedisi internasional langsung tanyakan ke admin bagaimana cara packing paket agar aman dikirim ke luar negeri.

Arahan dari admin ekspedisinya langsung lebih baik, karena mereka sudah paham dengan ketentuan-ketentuannya.

Ini berlaku untuk semua jenis paket, termasuk dokumen gunakanlah amplop dan lapisan plastik laminating untuk mencegah dokumen di dalamnya basah karena terkena hujan atau risiko lainnya saat pengiriman.

3.     Pahami Aturan di Negara Penerima

Setiap negara punya regulasi yang berbeda-beda, kegagalan pengiriman juga biasanya terjadi di sini. Penting bagi Anda selaku pengirim untuk memahami barang apa saja yang boleh dan tidak boleh dikirimkan ke negara tujuan.

Bisa mencari informasi di internet, bertanya langsung ke penerima, atau konsultasi dengan admin ekspedisi internasionalnya.

Negara-negara besar seperti Australia, Amerika, Inggris, dan sebagainya punya aturan yang cukup ketat. Mereka langsung waspada begitu ada produk berisi makanan atau bahan konsumsi, karena dianggap berisiko untuk kesehatan.

Apabila Anda mengirimkan produk herbal, produk makanan jenis tertentu pastikan untuk memenuhi standar konsumsi BPOM, ada labelnya, informasi bahan produk. Jika tidak maka siap-siap barang bisa disita atau bahkan dihancurkan oleh petugas.

4.     Tambahan Asuransi untuk Keamanan Ekstra

Barang yang dikirimkan bernilai jual tinggi seperti lukisan, karya kerajinan, atau produk elektronik?

Jika kami jadi Anda tanpa pikir panjang langsung tambah asuransi. Beberapa ekspedisi termasuk Rifex.co.id menyediakan asuransi pengiriman untuk menjaga kondisi paket atau barang selama dikirim ke luar negeri.

Lebih baik berjaga-jaga daripada menyesal karena kondisi tidak terduga. Berapa biaya penambahan asuransi? Tidak menentu, tergantung masing-masing ekspedisi dan jenis asuransi yang dipilih.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya silahkan hubungi jasa kirim yang Anda gunakan.

Baca juga: Promo Jasa Kirim Barang ke Belanda, Tarifnya Semurah Ini

5.     Paket Wajib Bisa di Tracking atau Lacak

Pengiriman yang aman haruslah transparan dan mampu memberikan kemudahan. Ekspedisi ke luar negeri sebaiknya sudah menyediakan fitur tracking untuk pelacakan paket secara real-time. Jadi, begitu nomor resi di-input hasil bisa keluar posisi paket dan pergerakannya.

Banyak yang tidak memperhatikan hal ini, paket sudah dikirim tidak bisa dilacak kalau ada risiko paket hilang ekspedisi lepas tangan.

Tentunya ini sangat merugikan, sebelum menggunakan jasa kirim tanyakan dulu apakah mereka menyediakan fitur pelacakan atau tidak untuk menjamin keamanannya.

Itu dia tips kirim barang ke luar negeri dengan aman, semoga penjelasan di atas bisa membantu. Hubungi Rifex untuk mendapatkan kemudahan dan jaminan aman kirim barang ke berbagai negara.

Sudah ada fitur tracking bisa diakses dengan mudah tanpa install aplikasi cukup buka website rifextrack.com saja.