Selama ini kita menganggap produk ekspor Indonesia hanya material tambang dan migas saja. Namun, dibalik itu semua ternyata ada beberapa produk ekspor unggulan yang bisa menjadi peluang untuk bisnis skala UMKM dan UKM. 

Produk Ekspor Unggulan Indonesia
Potensinya ada, tapi belum begitu maksimal. Bayangkan jika kalian mampu menjadi pengekspor tetap produk dalam negeri, tentunya ini akan membuat usaha Anda dikenal banyak konsumen internasional.

Besar kemungkinan keuntungannya cukup besar, bukan sesuatu yang mustahil jika Anda bisa menjadi eksportir yang sukses dan diliput oleh banyak media berita.

Lantas, sebenarnya apa saja produk yang banyak dikirimkan ke luar negeri? Kami akan menjelaskannya di sini.

Ini Produk dalam Negeri Punya Potensi Menjanjikan untuk Diekspor

Mulai dari fashion sampai produk kopi, berikut ini komoditas unggulan yang punya peluang bagus untuk ekspor.

1.     Baju dan Produk Fashion Lainnya

Pertama, ada produk fashion seperti baju, celana, mukena, dan sebagainya menjadi salah satu produk ekspor yang peminatnya cukup tinggi.

Di tahun lalu, ekspor pakaian di Indonesia naik hingga 45,92 persen. Terhitung sesuai periode Januari-September 2023, angka ekspor pakaian bisa mencapai USD 6,2 miliar

Tentunya ini merupakan kabar baik, harapannya angka tersebut bisa terus meningkat dan pemilik bisnis UMKM juga bisa ikut menyumbang untuk kemajuan ekspor pakaian tersebut.

Untuk target ekspor pakaian, Indonesia banyak menjadikan negara-negara berikut sebagai target utamanya seperti Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Korea Selatan, China, Inggris, Australia, Kanada, Belgia, dan Malaysia.

2.     Kopi

Produk unggulan kedua adalah kopi. Kami yakin kalian sudah cukup sering melihat berita Indonesia menjadi salah satu negara pengekspor kopi ke berbagai negara di dunia. Komoditas seperti kopi biasanya dikirimkan dalam beberapa versi seperti bubuk, bijih kopi, dan lain sebagainya.

Indonesia tercatat sebagai negara ke-4 penghasil kopi terbesar di dunia. Sejumlah kopi asli dalam negeri yang mendunia antara lain seperti kopi Gayo, kintamani, kopi luwak, kopi jawa, kopi sidikalang, dan kopi toraja.

Pengiriman kopi ke luar negeri banyak dilakukan oleh perusahaan besar dan juga pemilik bisnis UMKM. Untuk target ekspor kopi yang peminatnya cukup tinggi seperti Amerika Serikat, Mesir, Rusia, Italia, dan sebagainya.

3.     Produk Kerajinan

Selanjutnya, ada produk kerajinan yang meliputi pilihan produk yang beragam mulai dari produk hiasan atau dekorasi, mainan, dan lain sebagainya. Produk kerajinan menjadi salah satu produk ekspor unggulan yang potensinya cukup bagus.

Bagi Anda pengrajin-pengrajin kreatif, cobalah untuk memulai ekspor. Tidak perlu mengkhawatirkan soal pengiriman Anda bisa menggunakan ekspedisi ke luar negeri dengan mudah tanpa membutuhkan persyaratan yang rumit.

Menurut informasi beberapa produk ekspor kerajinan yang peluangnya bagus antara lain seperti kerajinan rotan, kerajinan seni ukir, anyaman, wayang, dan sebagainya.

Negara tujuan ekspor beberapa negara dengan peminat kerajinan yang cukup tinggi antara lain seperti Jepang, Dubai, Australia, Malaysia, Belanda, Inggris, hingga Amerika.

Baca juga: Mau Kirim Paket ke Jepang? Cek Dulu Ekspedisi yang Satu Ini

4.     Kakao

Kakao merupakan bahan yang nantinya diolah menjadi coklat. Negara-negara eropa banyak yang membutuhkan komoditas kakao dari Indonesia karena kualitas dan mutunya yang terbilang cukup bagus.

Kakao Indonesia mendunia, bisa menjadi salah satu produk ekspor yang berpeluang besar untuk terus dikembangkan menjadi produk unggulan untuk beberapa tahun ke depan.

Di Indonesia wilayah Sulawesi dan Sumatera menjadi kedua pulau dengan produksi kakao terbanyak, per tahun 2020 – 2022 kapasitas panennya mencapai 700 ton.

Beberapa negara yang menjadi target ekspor kakao dari Indonesia yaitu Malaysia, China, India, Amerika Serikat, dan Filipina.

Cakupan ekspor ini belum merata, masih ada peluang untuk menjadi pengekspor kakao untuk wilayah Switzerland, Germany, Ireland, United Kingdom, Norway.

Negara-negara di eropa ini menjadi konsumen coklat terbanyak di dunia. Jika kita bisa menembus ekspor ke sana, maka keuntungannya akan lebih besar lagi daripada sebelumnya.

5.     Obat-obatan Herbal

Satu lagi yang menjadi produk yang unik dari Indonesia dengan permintaan ekspor yang tinggi. Negara kita banyak dikenal karena produksi jamu dan obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Mereka yang sudah terbiasa mengonsumsi herbal tentu menginginkan produk yang berkualitas dan diproduksi secara alami. Namun, tentunya sebagai pengekspor Anda perlu memastikan produk herbal tersebut aman.

Oleh karena itu, Indonesia menerapkan setiap produk herbal yang dikirimkan ke luar negeri wajib mengantongi label BPOM untuk menjamin keamanan bahan bakunya.

Negara yang menjadi target ekspor herbal dari Indonesia antara lain seperti Taiwan, Luksemburg, Rumania, Portugis, Belgia, Lithuania, dan sebagainya.

Baca juga: Cek Ongkir ke Berbagai Kurir di Indonesia

Demikian penjelasan mengenai produk ekspor unggulan dari Indonesia. Ingin lebih mudah memproses pengiriman barang ke luar negeri? Hubungi Rifex.co.id, kami siap memberikan layanan terbaik dengan ongkir yang murah.