Sebagai salah satu produk ekspor unggulan dari Indonesia, kopi banyak dikirimkan ke mancanegara dalam jumlah yang sedikit maupun banyak.

Jika Anda ingin melakukan hal yang sama, maka bagian terpenting yang perlu kalian lakukan adalah memilih jasa kirim kopi ke luar negeri yang sudah resmi.

Bagian yang utama adalah paket kopi yang Anda kirimkan aman dan bisa dikirim ke negara tujuan tanpa kendala. Setelah itu, baru kita pikirkan ongkos kirim yang perlu dikeluarkan.

Kira-kira pengiriman kopi yang akan kalian lakukan ditujukkan untuk perorangan atau berjualan? Apapun itu, pastikan untuk menyimak dulu panduannya agar pengirimannya bisa berjalan dengan lancar.

Cara Kirim Kopi ke Luar Negeri

Sebenarnya ada banyak yang bisa kita bahas di sini. Pertama, pastikan dulu kualitas kopi yang akan dikirimkan adalah kopi yang bagus bukan asal-asalan.

Baik itu untuk berjualan atau ditujukkan perorangan, biji kopi atau bubuk kopi yang berkualitas pasti akan memberikan kepuasan bagi siapapun yang meminumnya.

1.  Pastikan Produk Kopi Sudah BPOM

Kopi adalah kategori produk yang cukup sensitif, tidak bisa dikirimkan ke luar negeri jika mengandung bakteri atau kandungan zat tertentu yang dianggap “Berbahaya” oleh pihak bandara maupun petugas customs dari negara tujuan.

Oleh karena itu, untuk amannya daftarkan produk kopi Anda di BPOM sebelum diekspor. Ini bertujuan untuk menjamin keamanan produk agar aman dikonsumsi.

2.  Lengkapi Perizinan Ekspor Tambahan

Selain BPOM, pastikan juga untuk melengkapi izin ekspor tambahan sesuai dengan ketentuan negara. Terutama jika produk kopi yang akan dikirimkan jumlahnya cukup banyak.

Beberapa dokumen tersebut antara lain seperti SKA (Surat Keterangan Asal) atau Certificate of Origin, pemenuhan badan karantina, dan dokumen lain sesuai negara ekspor tujuan.

Bagi yang belum tahu, ETK telah dihapus dulunya dokumen ini dijadikan sebagai syarat ekspor kopi tapi sekarang tidak berlaku lagi.

3.  Membuat Packing List atau Daftar Barang

Saat melakukan ekspor kopi pastikan untuk membuat daftar barang atau packing list yang di dalamnya berisi mengenai informasi lengkap mengenai produk, seperti jenis barang, jumlah, dan berat keseluruhannya.

Apabila memungkinkan lebih baik lagi jika ada rinciannya, dibuat nota invoice biasanya dokumen seperti ini dibutuhkan dalam transaksi komersial resmi.

Baca juga: Siap Kirim Barang ke Italia Kapan Saja dengan Ekspedisi Ini

4.  Penerbitan Phytosanitary

Dalam kondisi tertentu, kopi yang akan diekspor mungkin perlu melalui proses karantina terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kopi yang dikirimkan tidak mengandung bahan kimia seperti isoprocarb, mycotoxins, dan sebagainya.

Terbilang cukup rumit, tapi ini semua dilakukan agar produk yang nantinya diterima di negara tujuan tidak menimbulkan masalah pada kesehatan masyarakat.

5.  Pengemasan Sesuai Standar

Jika persyaratan dokumen sudah terpenuhi, jangan lupakan soal kualitas packing atau pengemasan produk kopi. Apapun bentuk kopinya baik itu bubuk, biji utuh, pastikan dikemas dengan rapi dan aman sesuai dengan standar sebelum dikirimkan ke ekspedisi.

Kirim Kopi Semakin Mudah dengan Jasa Pengiriman yang Tepat

Jika Anda punya kendala ingin mengirimkan kopi ke luar negeri tapi kesulitan memahami prosedurnya, kami siap membantu. Rifex menyediakan jasa kirim kopi ke luar negeri siap melayani pengiriman ke lebih dari 200 negara di dunia.

Menurut data yang kami kumpulkan, produk kopi seperti ini cukup banyak diminati untuk beberapa negara spesifik seperti:

Brazil, Spanyol, Italia, Turki, Argentina, USA, Inggris, India, China, Thailand, Jepang, Vietnam, Pakistan, Malaysia, Hong Kong, Sri Lanka, Bangladesh, dan sebagainya.

Begitu populer, produk kopi ini banyak diminati oleh berbagai kalangan. Utamanya sebagai bahan pembuatan minuman di kafe-kafe dan restoran.

Namun bagian yang perlu dicatat, Rifex.co.id bisa membantu pengiriman kopi dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Produk kopi adalah komoditas ekspor terbatas, jadi tidak bisa dikirimkan dalam skala besar karena ada kebijakannya.

Admin Rifex siap membantu pelanggan untuk menjelaskan apa saja syarat untuk kirim kopi dan panduan sederhananya.

Jika lokasi rumah atau tempat Anda dekat, kami sangat menyarankan untuk datang langsung ke kantor ekspedisi Rifex supaya lebih mudah konsultasinya. Namun, jika lokasi jauh bisa tanya-tanya lewat online. Adapun untuk informasi ongkir paket lokal bisa kalian cek pada halaman yang sudah disediakan ya untuk drop paket di kantor Rifex.

Mengapa Memilih Ekspedisi Rifex untuk Mengirimkan Kopi?

Pertama, pastinya layanan kami legal dan berizin jadi tidak perlu khawatir dengan keamanan paket Anda. Selain itu, kami juga telah berpengalaman cukup lama di bidangnya, sudah ada lebih dari 1000 paket yang dikirimkan oleh Rifex ke berbagai negara .

Selain itu, kalian juga bisa mendapatkan ongkir yang lebih terjangkau. Khawatir paket hilang selama pengiriman? Tenang, ada fitur tracking yang bisa Anda gunakan dengan mudah di halaman rifextrack.com.

Nikmati kemudahan kirim kopi ke luar negeri bersama jasa pengiriman Rifex.co.id, dapatkan ongkir terjangkau dengan pelayanan yang memuaskan.